Kamis, 26 Juni 2014

Tips Menghilangkan Bau Amis pada Masakan Ikan


@IRNewscom | Jakarta: MASAKAN ikan memang digemari oleh sebagian masyarakat Indonesia. Rasanya yang lezat dan bergizi tinggi menjadi salah satu pemicu kenapa banyak yang menggemari jenis masakan tersebut. Menu berbahan dasar ikan akan semakin disukai, jika dimasak dengan cara yang enak.

Salah satunya, bisa dengan cara dibakar. Ikan yang dimasak dengan cara dibakar, dijamin akan membuat mata anda kalap karena kelaparan. Namun, tidak hanya itu, rasanya yang khas juga menjadi jaminan kalau ikan bakar memang pantas menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia.

Namun, seperti semua tahu, walau memiliki rasa yang lezat, memasak ikan bukanlah kegiatan yang gampang tapi juga susah. Kenapa demikian? Karena, memasak ikan harus telaten membersihkan semua kotordan dan tulang, serta bau amis yang ada di dalamnya.

Chef Budiawan dari Restoran Rembulan, yang berada di Dharmawangsa, Jakarta Selatan, kepada IRNews memberikan tips bagaimana supaya ikan disajikan tanpa tercium bau amis.

"Prinsipnya, pada hidangan ikan, haruslah diolah dengan sesegera mungkin. Semakin cepat ikan dimasak atau dibekukan setelah anda beli, maka ikan akan semakin sedikit mengeluarkan bau," ujarnya.

Berikut tips supaya memasak ikan tidak berbau amis seperti yang dituturkan Chef Budiawan:

Rendam ikan dengan cuka. Cara ini tidak hanya mengurangi bau. Sebab, cuka atau jeruk nipis juga berfungsi menjaga ikan dari bau amis yang  menyengat saat proses persiapan.

Kemudian, tips yang kedua, gunakan jeruk lemon. Anda juga bisa menggunakan jeruk lemon sebagai pengganti cuka. Caranya cukup mudah, rendam ikan dengan air perasan jeruk lemon. Cara ini juga menurunkan kadar asin ikan, lalu masak. Untuk memberikan rasa lebih segar pada olahan ikan, berikan pula air perasan jeruk lemon saat ikan dimasak

Setelah amis pada ikan hilang, sebagai bumbu dasar agar ikan dapat dimakan dengan rasa yang nikmat anda bisa menambahkan, bumbu seperti bawang putih, lada, garam dan air. Setelahnya anda dapat menambahkan bumbu sesuai dengan yang anda iginkan. 

Selamat mencoba.

Sumber Berita: www.indonesiarayanews.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar