Jumat, 06 Juni 2014

Brownies Kukus Ketan Hitam

Resep diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati

Untuk 2 loyang tulban diameter 22 cm

Bahan I:
- 6 butir telur ayam suhu ruang
- 250 gram gula pasir
- 10 gram emulsifier (Starkis, Ovalet, SP) saya menggunakan Starkis
- 1/4 sendok teh vanili bubuk, saya pakai 1 sendok teh vanili ekstrak
- 1/4 sendok teh garam

Bahan II, ayak langsung di atas kocokan telur:
- 175 gram tepung ketan hitam
- 150 gram tepung terigu serba guna/protein sedang (Segitiga Biru)
- 1 sendok teh baking powder, pastikan fresh

Bahan III, cairkan jadi satu:
- 75 gram mentega
- 75 gram margarine
- 2 sendok makan susu kental manis

Untuk ganache, cairkan dengan cara tim:
- 50 gram coklat blok putih
- 1 1/2 sendok teh mentega

Cara membuat:
Siapkan loyang tulban (loyang cincin, lubang di tengah) ukuran diameter 22 cm. Olesi dengan mentega dan taburi tepung terigu. Sisihkan.

Siapkan mixer, masukkan bahan I ke dalam mangkuk mixer, pertama-tama kocok dengan speed rendah agar bahan tercampur kemudian rubah menjadi kecepatan tinggi dan kocok hingga bahan mengembang, kental dan berwarna putih. 

Adonan dianggap mengembang dan jadi jika spatula kita celupkan ke dalam adonan dan kemudian spatula kita angkat maka adonan tidak menetes. 

Siapkan ayakan, letakkan diatas kocokan dan masukkan tepung terigu, tepung ketan hitam dan baking powder ke dalam ayakan. Ayak tepung secara bertahap sedikit demi sedikit sambil bergantian mengaduk adonan hingga tepung habis. Aduk adonan hingga tercampur rata.
Masukkan mentega cair ke dalam adonan dan aduk menggunakan spatula seperti cara yang saya jelaskan di atas hingga menjadi adonan yang tercampur rata. Tuangkan adonan kedalam loyang yang telah disiapkan. 

Panaskan dandang kukusan dengan api sedang hingga mendidih, masukkan loyang ke dalam kukusan. Tutup mulut kukusan dengan kain bersih yang menyerap air. Tutup dandang dengan penutup kukusan dan kukus brownies selama 45 hingga 50 menit meggunakan api besar. Jangan membuka penutup kukusan selama brownies dimasak.
Keluarkan brownies dari kukusan, biarkan sebentar hingga uap menghilang. Sisirkan pisau di bagian tepi loyang agar brownies mudah lepas dari loyang. Balikkan kue di piring datar. Biarkan hingga benar-benar dingin sebelum kita hias dengan coklat putih. 

Membuat ganache:
Siapakan panci kecil, masukkan coklat blok dan mentega, masak dengan cara tim hingga coklat dan mentega meleleh. Aduk-aduk selama coklat dimasak. Jika adonan telah benar-benar lumer dan cair, angkat panci dari api. Biarkan hingga agak hangat, masukkan coklat cair ke dalam plastik segitiga, ikat rapat mulut plastik dan gunting sedikit bagian ujungnya. Semprotkan coklat cair ke permukaan brownies, buat pola sesuai dengan kesukaan dan kreatifitas anda. 

Potong-potong brownies dengan pisau tajam dan sajikan. Selamat mencoba!

Source:
500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati
dan http://www.justtryandtaste.com/2011/06/brownies-kukus-ketan-hitam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar